Tutorial Instalasi Laravel 5

Instalasi pada Laravel sedikit berbeda jika dibandingkan dengan framework PHP yang lain. Jika pada framework kebanyakan cukup download satu set folder, kemudian taruh di web server, dan aplikasi bisa dijalankan. Maka pada Laravel ada beberapa tahap yang harus dilakukan sebelum mulai menjalankan aplikasi, karena Laravel memiliki ketergantungan terhadap beberapa library PHP lainnya yang tidak disertakan dalam source untuk didownload.
Untuk itu diharuskan mendownload library yang dibutuhkan secara terpisah. Bisa dibayangkan pekerjaan ini akan menyita waktu untuk mendownload satu persatu library yang dibutuhkan. Dari sini kita memerlukan composer sebagai library yang akan mengurusi ketergantungan Laravel dengan library lainnya.
Mengingat pentingnya composer seperti yang dijelaskan diatas. Sebelum masuk pada tahap instalasi, kita akan melakukan instalasi composer terlebih dahulu.

Install Composer

Bagi pengguna Windows bisa langsung download Composer Installer disini, jalankan proses instalasi, selesai. Simple..

Untuk melakukan instalasi Laravel ada beberapa alternatif yang bisa dipilih.

  1. Via Installer Laravel
  2. Via Composer create-project
  3. Via Download

Cara 1: Via Installer Laravel

Download Laravel installer menggunakan composer dengan mengetikan perintah berikut pada commad promtp atau command line (cmd):
composer global require "laravel/installer=~1.1"
Tunggu hingga proses selesai. buat projek baru dengan perintah:
laravel new namaproject
Maka akan muncul seperti gambar berikut dan siap digunakan.

Untuk melihat hasilnya buka http://localhost/laravel_5/public

Dengan cara ini kita dijamin mendapatkan update kode terbaru. Hanya saja untuk menggunakan cara pertama ini diperlukan koneksi internet untuk mendownload library lainnya.

Cara 2: Via Composer Create-Project

Untuk cara kedua setelah kita berhasil menginstall composer, buka commad prompt atau command line (cmd). Jalankan perintah berikut:
composer create-project laravel/laravel namaproject --prefer-dist
Seperti pada gambar berikut ini:

Perintah diatas adalah termasuk untuk konfigurasi penempatan project yang akan diinstall.
Tunggu sampai Composer selesai menjalankan proses instalasi.
Jika sudah ada keterangan set successfully, maka instalasi framework Laravel sudah berhasil. Kita bisa melakukan cek folder dimana menginstall Laravel tersebut.
Pindahkan ke direktori webroot (htdocs, www, atau lainnya), lalu buka http://localhost/namaproject/public

Tahap yang dilakukan dengan cara ini cukup singkat karena hanya menggunakan satu perintah. Namun, selain cara ini juga membutuhkan koneksi internet untuk mendownload library lainnya, waktu yang dibutuhkan juga cukup lama.

Cara 3: Via Download Laravel

Cara install Laravel yang satu ini tergolong mudah, kita hanya perlu mendownload file master laravel disini (sudah terdapat library yang dibutuhkan), setelah itu extract file di webroot (htdocs, www, atau yang lainnya), dan Laravel siap dijalankan.
Buka http://localhost/laravel-5-master/public

Cara ketiga ini adalah cara termudah, relatif cepat, dan tidak memerlukan koneksi internet untuk mendownload library lainnya. Hanya saja kode yang kita download bisa jadi tidak update. Namun, update library tetap bisa dilakukan kapanpun kita mau. Begitu terhubung dengan internet, cukup jalankan perintah composer update maka otomatis library akan diperbarui. Yang membedakan hanyalah cara mendapatkan library-library tersebut untuk pertama kali.

Sekian dulu tutorial Programming seri Laravel kali ini. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

You may also like...

2 Responses

  1. September 11, 2015

    […] melakukan instalasi laravel 5 Anda akan mendapatkan autentikasi file seperti […]

  2. March 19, 2016

    […] project baru. Bagi pengguna baru Laravel 5 bisa baca kembali Tutorial Instalasi Laravel 5. Lakukan konfigurasi database pada file database.php di config/database.php, atau pada file .env […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *