Tren Desain Aplikasi Mobile Tahun 2014 Bagian 2

Enterprise Mobile
Penggunaan aplikasi Enterprise adalah tren yang kuat di pasar smartphone berteknologi tinggi. Setelah cukup lama tidak ada aplikasi mobile yang didesain untuk produktifitas perusahaan, desainer aplikasi mobile akhirnya menyadari pentingnya hal tersebut dan mulai mendesain aplikasi enterprise yang ramah digunakan untuk pengguna smartphone. Desain yang dirancang dengan baik untuk meningkatkan produktifitas. Memudahkan komunikasi antar divisi, informasi perusahaan, dll.
Pada awal tahun 2014 desain Enterprise Mobile menjadi tren aplikasi mobile. Fakta bahwa semakin banyaknya pengguna smartphone dan teknologi yang dipakai pada smartphone kelas menengah semakin meningkatkan produktif karena didukung banyaknya aplikasi enterprise yang berkualitas.

Pure Guidelines
Desain aplikasi mobile dengan tren Pure Guidelines mulai naik beberapa tahun yang lalu. Berawal dari ide desain aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk saling berbagi berbagai hal yang menarik untuk dibagikan antar pengguna smartphone tanpa terbatas pada satu content.
Beberapa platform seperti Android, iOS, dan Windows Phone memanfaatkan ide diatas untuk membangun aplikasi yang dapat digunakan pada platform masing-masing. Setiap platform mempunyai karakter tersendiri dalam mendesain bagaimana aplikasi berinteraksi dengan pengguna, eksperimen visual, dan yang paling utama tetap mengutamakan aspek keindahan UI dan kemudahan dalam penggunaannya.

Contextual Awareness
Hal yang paling jelas yang membuat smartphone berbeda dari komputer desktop adalah ukuran mereka dan fakta bahwa smartphone selalu berada dekat dengan penggunannya. Dari pendekatan tersebut, muncul beragamam aplikasi yang berfungsi tidak hanya sebagai sarana hiburan.
Aplikasi yang bermanfaat ketika sedang mengendarai mobil, bekerja di kantor, pergi keluar untuk makan, bertemu dengan teman, belanja, dan kesibukan lainnya. Smartphone akan berubah fungsi untuk memberikan informasi dan menyediakan pemberitahuan situasi mereka saat ini. Tren aplikasi pintar.

Large Images
Pada awal era desain ponsel, desainer mencoba untuk mengikuti pola interaksi dari desain web. Cukup satu tap sentuhan untuk mewakili klik seperti pada web, dan ini menyebabkan kurangnya interaksi antara pengguna ponsel dengan aplikasi.
Semakin berkembangnya layar sentuh, menjadi lebih banyak memperkenalkan interaksi antar aplikasi dan pengguna, salah satunya dengan memanfaatkan gambar sebagai elemen desain untuk beriknteraksi dengan pengguna. Terlebih karena resolusi yang tinggi, kecerahan dan warna yang sempurna menjadikan gambar masuk sebagai tren dalam desain ponsel yang akan menambah aplikasi terlihat semakin menarik. Menggeser melalui gambar dan mencubit adalah interaksi antarmuka yang sederhana. Kita dengan mudah menemukan contoh aplikasinya seperti Airbnb, Fotopedia, Flipboard, Instagram, dll.

Bersambung ke Bagian 3

You may also like...

1 Response

  1. April 30, 2015

    […] Bersambung ke Bagian 2… […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *