Tren Desain Aplikasi Mobile Tahun 2014 Bagian 1

Typography
Typography adalah suatu teknik memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, guna kenyamanan pengguna aplikasi. Sebelumnya banyak desainer yang kurang memperhatikan teknik thypography sehingga pemilihan font terkesan membosankan. Tren ini mungkin baru muncul sekitar beberapa tahun yang lalu namun perkembangannya begitu cepat.
Aspek ini cukup penting dalam menarik perhatian pengguna aplikasi secara umum. Teks merupakan bahan dasar utama dari mayoritas antarmuka. Typography yang bagus menentukan kenyamanan pengguna aplikasi tersebut. User bisa berlama-lama menjelajahi aplikasi karena nyaman dengan tata letak dan pemilihan huruf yang tepat. Sebaliknya, penerapan yang tidak tepat menunjukkan kurang profesionalnya produk secara keseluruhan.

Flat Design
Tahun 2013 menjadi tren berkembangnya flat design. Dimulai dari peluncuran Apple iOS7, para desainer ponsel mulai mendesainan ulang aplikasi mereka dengan desain yang lebih sederhana dan banyak menggunakan elemen-elemen berbentuk rata. Tren ini tidaklah mengherankan, flat design jika dilakukan dengan benar akan terlihat menarik.
Flat design lebih dari sekedar menghilangkan unsur-unsur gradasi warna dan kurangnya tekstur. Flat design menjadi sebuah tren yang berkarakter. Warna terang, font yang jelas, banyak spasi dan kesederhanaan pada tampilan UI menjadi tanda-tanda flat design yang baik.

Gestural Interfaces
Pada awal era desain ponsel, desainer mencoba untuk mengikuti pola interaksi dari dunia web atau software. Cukup satu tap sentuhan untuk mewakili klik seperti pada web atau software, dan ini menyebabkan kurangnya interaksi antara pengguna ponsel dengan aplikasi.
Semakin berkembangnya layar sentuh, menjadi lebih banyak memperkenalkan interaksi dan navigasi pola-pola baru seperti menggeser, cubitan, merenggangkan jari, tekan dan tahan, semua gerakan ini dimasukan dalam desain aplikasi untuk memberikan pengalaman lebih kepada pengguna ponsel.
Gestures Interfaces jika diterapkan dengan benar, bisa membuat interaksi lebih cepat dan lebih alami.

Circles
Beberapa tren hanya muncul secara tiba-tiba dan menjadi mode yang kemudian diadopsi oleh beberapa aplikasi. Salah satunya adalah tren lingkaran.
Dari beberapa sumber yang pernah kami baca tren Circles dimulai dalam desain web pada tahun 2012 yang kemudian pada tahun 2013 masuk kedalam desain ponsel seperti Foursquare, Facebook Messenger, Uber, dll dan bahkan kontak pada iOS7 menggunakan lingkaran untuk berbagai elemen antarmuka. Awal 2014 menunjukkan bahwa Circles manjadi tren baru yang menjanjikan.

Bersambung ke Bagian 2

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *