Membuat Halaman Hello World di Laravel

Kita akan mencoba membuat halaman web pertama kita dengan framework Laravel, seperti belajar pemrograman yang lainnya, halaman pertama yang wajib dibuat adalah menampilkan tulisan “Hello World”. Ada beberapa cara untuk menampilkannya diantaranya sebagai berikut:

Routing

Sebenarnya kita bisa melakukan mapping suatu url ke sebuah controller. Akan tetapi untuk contoh sederhana, kita bisa langsung melakukannya di Router. Mapping url harus didaftarkan terlebih dahulu secara manual di file app/Http/routes.php

Kita akan langsung mencoba membuat sebuah halaman Hello World dengan url http://localhost/laravel5/public/halo yang akan menampilkan tulisan “Hello World. Ini halaman pertamaku.”.
Buka file app/Http/routes.php, lalu tambahkan kode untuk routing:

Route::get('/halo', function()
{
	return "Hello World. Ini halaman pertamaku.";
});

Buka browser dan ketikkan url http://localhost/laravel5/public/halo, kita sudah berhasil membuat halaman web pertama dengan laravel.

Pada prinsipnya website hanyalah masalah request-response, Anda minta url apa, maka server akan memberikan respon yang sesuai. Seperti itulah tugas router, memetakan url yang diminta ke bagian kode tertentu.

Controller

Dalam konsep MVC biasanya sebuah url dipetakan ke sebuah controller, maka kali ini kita akan membuat satu halaman lagi dengan url /halo-world, tapi kali ini menggunakan controller.
Buka kembali file app/Http/routes.php, lalu tambahkan router baru:

Route::get('/halo-world', 'SiteController@haloWorld');

Jika ada yang meminta url /halo-world, maka laravel akan mengeksekusi fungsi haloworld() di dalam SiteController. Maka kita harus membuat SiteController sebagai controller.
Tambahkan file baru app/Http/Controllers/SiteController.php:

<?php namespace App\Http\Controllers;

class SiteController extends Controller {
	public function haloWorld()
	{
		return 'Hello World. Ini Halaman Keduaku Menggunakan Controller';
	}
}

Buka http://localhost/laravel5/public/halo-kedua dan lihat hasilnya. Kita berhasil membuat halaman kedua dengan laravel, kali ini memanfaatkan controller.

View

Pada contoh sebelumnya kita hanya menampilkan string sederhana ke browser. Agar kelihatan valid tentunya string tersebut harus dibungkus dengan tag html yang lengkap seperti yang akan kita coba sekarang.
Modifikasi kembali fungsi haloWorld() seperti berikut ini:

<?php namespace App\Http\Controllers;

class SiteController extends Controller {
	public function haloWorld()
	{
		return view('halo_world');
	}
}

Fungsi view(‘nama_file’) akan memanggil file view terpisah sesuai nama yang diberikan. Selanjutnya kita buat file baru di resources/views/halo_world.php:

<html>
    <head>
       <title></title>
    </head>
    <body>
	Hello World. Ini Halaman Ketigaku Menggunakan View.
    </body>
</html>

Jika Anda ingin menerapkan prinsip satu folder view untuk satu controller, yang berarti file resources/view/halo_world.php dipindahkan ke resources/views/site/halo_world.php, maka kodenya tinggal diedit sedikit menjadi view('site.halo_world'). Tanda titik digunakan sebagai separator folder.
Refresh kembali browser, sekarang website kita sudah dibungkus dengan tag html yang lengkap. Maka akan terlihat outputnya seperti berikut:

Kita sudah mengenal fungsi router, dan sudah mempelajari unsur V (view) dan C (controller) dari konsep MVC. Mungkin bagi Anda yang sudah mencoba laravel versi 4 kebawah akan melihat banyak perbedaan dengan laravel terbaru ini. Dan pasti akan merasa lebih clean dari segi coding..
Sekian tutorial Programming kali ini, semoga bermanfaat. #HappyCoding

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *